10 Kota Kreatif di Indonesia (1)

0
632

Perkembangan kota kreatif di suatu negara tidak terlepas dari usaha pemerintah dan para pelaku kreatif di kota tersebut. Pemerintah selaku fasilitator mesti dapat mendukung segala daya upaya yang dilakukan oleh para pelaku kreatif dalam mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat.

Pada tahun 2004, UNESCO meluncurkan program Creative City Network (CCN).  dengan misi membentuk kerjasama internasional antara kota-kota yang menempatkan kreativitas sebagai faktor strategis untuk pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan semua pihak terkait, yaitu pemerintah, swasta, organisasi profesional, komunitas, dan institusi budaya. CCN dirancang untuk memfasilitasi proses pertukaran pengalaman, pengetahuan, dan sumber daya antara anggotanya sebagai jalan untuk mengangkat industri kreatif lokal dan menumbuhkan kerjasama di seluruh dunia dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Tujuan CCN adalah sebagai berikut:

  1. Memperkuat penciptaan, produksi, distribusi, dan konsumsi produk dan jasa budaya pada tingkat lokal;
  2. Mempromosikan kreativitas dan ekspresi kreatif terutama pada kelompok yang rentan, seperti perempuan dan anak muda;
  3. Meningkatkan akses dan partisipasi pada kehidupan berbudaya termasuk apresiasi terhadap produk budaya;
  4. Mengintegrasikan industri kreatif dan budaya ke dalam strategi pengembangan lokal.

Di Indonesia, pada tahun 2014, pemerintah telah memfasilitasi empat kota untuk dapat secara resmi masuk dalam jaringan Creative City Network, yaitu Bandung dan Surakarta sebagai Kota Design, Yogyakarta dan Pekalongan sebagai kota craft and folk art. Pada akhirnya yang menjadi bagian dari CCN adalah Pekalongan dan Bandung.

Dalam menyusun daftar ini, Editorial Indonesia Kreatif mempertimbangkan faktor-faktor seperti sejarah, budaya, kreatifitas warga, dukungan pemerintah daerah/kota, infrastruktur, potensi kota dan pengakuan kota tersebut di dunia internasional.

Berikut ini 10 kota kreatif di Indonesia versi Indonesia Kreatif :

10. Padang

Padang merupakan salah satu kota terbesar pada masa penjajahan Belanda. Berada di pantai barat pulau Sumatra, Padang yang berpopulasi 1 juta penduduk ini mempunyai potensi yang besar dalam ekonomi kreatif. Sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia, konektivitas di Padang cukup baik, dengan infrastruktur yang sudah tersedia, baik darat, laut dan udara. Pada Februari 2014, kota Padang mulai membangun transportasi umum TransPadang, yang menyerupai dengan TransJakarta.

Dibidang pendidikan, masyarakat Minang sangat menghargai pendidikan, dua universitas terkemuka di Padang, Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang merupakan kampus yang sangat berpengaruh di kota ini, bahkan Universitas Andalas adalah salah satu kampus tertua di luar pulau Jawa.

Nasi Rendang

Kota Padang dan masyarakat Minang terkenal dengan kekhasan kulinernya. Rendang, salah satu makan khas dari kota ini, menjadi salah satu kuliner yang mulai dikenal di dunia. Selain itu, jaringan Rumah Makan Padang merupakan salah satu yang paling besar di Indonesia, hampir di setiap kota di Indonesia, selalu ada Rumah Makan Padang, yang menjadikan makanan ini menjadi salah satu makanan yang dikenal di Indonesia. Kota Padang sendiri cocok untuk diajukan menjadi salah satu Creative City Network di UNESCO di bidang Culinary.

9. Malang

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur. Berjarak berkisar 2 jam dari Surabaya – kota terbesar di Jawa Timur, Malang memainkan peranan penting dalam perekonomian Jawa Timur. Dengan kondisi alam sejuk, pada masa kolonial, Malang menjadi salah satu tujuan orang Eropa, sehingga masih banyak peninggalan arsitektur yang terdapat di kota ini. Pada tahun 2013, Malang merupakan salah satu kota yang tidak terdampak dari krisis finansial di Asia, menandakan kota ini mempunyai kestabilan ekonomi.

Gereja Ijen, Malang Indonesia

Sebagai pusat pariwisata di Jawa Timur, Malang mempunyai berbagai ragam tempat wisata yang dapat diklasifikasikan untuk wisata lokal, nasional dan standar internasional. Beberapa tarian yang terkenal seperti Tari Topeng, Jaranan Pegon, Tari Beskalan dan lainnya. Kota Malang juga memiliki banyak sekolah dan perguruan tinggi, salah satunya adalah Universitas Brawijaya. Untuk komunitas kreatif, Malang merupakan salah satu basis pelaku kreatif animasi dan komik, dengan berbagai komunitas yang tumbuh di Malang, banyak pelaku kreatif yang diakui seperti Rofiq (animasi) dan Ajie Prasetyo (komik).

Pada bulan Februari 2016, Walikota Malang HM Anton, meresmikan Malang Creative Fushion sebagai salah satu gebrakan untuk meningkatkan daya saing industri kreatif di Malang. Vicky Arief sebagai koordinator dan co-founder Malang Creative Fushion mempunyai visi 5 tahun ke depan untuk menjadikan Malang mendapatkan predikat Kota Kreatif dari UNESCO.

8. Surabaya

Surabaya sebagai ibukota propinsi Jawa Timur telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir ini. Pemerintah Kota Surabaya, melalui Walikotanya, sangat mendukung kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas. Dimulai dengan revitalisasi taman-taman kota dan peningkatan mutu infrastrukur serta penutupan tempat lokalisasi, Surabaya menjadi salah satu tolak ukur kemajuan kota di Indonesia.

Tugu Pahlawan Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya terus menginovasi dan mewadahi kreativitas anak-anak mudanya, salah satunya dengan akan diselenggarakannya GeekFest 20-21 Mei 2017 di Gedung Siola. Acara yang juga menjadi salah satu bagian dari peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke 724 diharapkan menjadi kebangkitan bagi para kreator lokal.

Selain itu, dukungan Pemkot Surabaya pada pelaku industri kreatif di Surabaya juga tercermin pada Basha Market,-salah satu marketplace ternama, pada November 2016 lalu. Sebagai kota dengan perekonomian kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya tentu memiliki pasar industri kreatif yang besar. Pelaku Kreatif Surabaya akan mendapatkan tempat dan diberi kesempatan untuk berkibar di industri kreatif dunia.

7. Banyuwangi

Beberapa tahun terakhir, Pemda Banyuwangi sangat aktif melakukan promosi pariwisata dengan menyelenggarakan festival-festival berskala lokal, nasional dan internasional. Dampak yang ditimbulkan sangatlah luar biasa, dengan dorongan Pemda Banyuwangi, potensi pariwisata lokal makin terasah dan kreativitas masyarakat juga ikut terdongkrak.

Umbrella Forest, Rumah Kayu, Sragi Banyuwangi

Banyuwangi membuktikan bahwa ekonomi kreatif dan pariwisata merupakan komponen yang saling mendukung, dan dorongan dari pemda Banyuwangi serta partisipasi masyarakat lokal menjadikan kegiatan festival yang rutin dilakukan menjadi motor penggerak ekonomi. Kegiatan kreatif di Banyuwangi yang sangat didukung oleh Pemda Banyuwangi seperti pembuatan video, peluncuran aplikasi pariwisata, pemanfaatan arsitektural suku Using dan sebagainya telah membawa Banyuwangi dipromosikan oleh Bekraf di Festival Film Cannes. Selain itu, Bekraf dan Pemda Banyuwangi telah menandatangi nota kesepahaman pengembangan industri kreatif berbasiskan desa,  di antaranya di Desa Tamansari di Kecamatan Licin, Desa Gintangan di Kecamatan Rogojampi, dan Desa Sumberbuluh di Kecamatan Songgon.

6. Bali

Kekuatan pariwisata Bali memang tidak ada duanya di Indonesia. Kekentalan budaya dengan perpaduan modern menjadikan Bali menjad salah satu surga wisata di dunia. Bahkan lebih terkenal dari Indonesia sendiri. Dalam potensi budaya dan kreativitas, Bali juga sangat kuat, dua hal tersebut menjadi satu integrasi yang tidak dapat dipisahkan, karena kreativitas di Bali memang berdasarkan budaya mereka.

Ubud, Bali Indonesia

Ubud merupakan salah satu lokasi di Bali yang mempunyai potensi menjadi salah satu Creative City Network nya UNESCO. Keindahan alam Ubud dan tata budaya lokal yang sangat membaur dengan para wisatawan dan pendatang juga menjadi kekuatan. Selain itu, kekuatan utama Ubud ada pada Crafting, sehingga merekomendasikan Ubud menjadi salah satu Kota Kreatif Craft Creative City Network Unesco adalah suatu keniscayaan.

Artikel selanjutnya akan membahas kota-kota lainnya, sangat ditunggu pendapat dan masukan dari Sobat Kreatif, silahkan mengisi di bagian comment.