Alti Firmansyah, Penciller Marvel dari Indonesia

0
264
Alti sang penciller Marvel

Untuk beberapa orang dan penggemar komik Marvel mungkin nama Miralti Firmansyah tidak asing lagi, dia adalah penciller wanita asal Indonesia yang terpilih berkolaborasi dengan studio komik Marvel, AS. Kali ini Indonesia Kreatif berkesempatan berbincang-bincang dengan Alti, kelahiran Bandung tahun 1983 ini.

Q: Hai Alti, sejak kapan suka menggambar dan mengapa?

A: Aku sudah senang menggambar sejak TK. Karena waktu kecil sering dicekokin animasi Walt Disney dan buku-buku bergambar lainnya. Kemudian sering mencoba menggambar ulang karakter-karakter yang ada di layar ke atas kertas, dan akhirnya berkembang dengan menuangkan objek-objek yang kulihat di dunia nyata maupun imajinasi di atas kertas, and it’s FUN.

Q: Bagaimana awalnya bergabung dengan Marvel?

A: November 2014 aku bersama dengan studio tempat aku bekerja mengikuti sebuah comic con yang diadakan di JIEXPO Kemayoran. Pada acara itu, Marvel Talent Scout mengadakan portfolio review dari setiap artist yang hadir, termasuk aku salah satunya. Alhamdulillah lolos di babak penyelisihan, beberapa minggu setelahnya aku melanjutkan proses ‘test page‘ yang dikirimkan oleh tim editor Marvel. Aku diberi 5 buah script berbeda dan diminta untuk mengerjakan 4 halaman dari salah satu judul komik yang kupilih dan kurasa paling cocok dengan style-ku. Alhamdulillah babak ini pun akhirnya berhasil kulalui dan aku dipilih oleh Marvel untuk mengerjakan project Star Lord & Kitty Pryde, dipasangkan dengan writer Sam Humphries.

Beberapa hasil karya Alti untuk Marvel dengan judul X-Men’92

Q: Karir di gambar saat ini?

A: Masih gabung di Marvel, dan alhamdulillah so far sudah mengerjakan 4 judul komik Marvel sampai saat ini; yaitu Star Lord & Kitty Pryde, X-men ’92, Gwenpool, dan satu lagi yang masih berjalan, yaitu proyek komik Marvel eksklusif mini series untuk Comixology, belum di-announced dari Marvelnya jadi aku belum bisa sharing judulnya, maaf.

Q: Next project-nya apa dan dengan siapa?

A: Saat ini masih mengerjakan salah satu projek komik Marvel eksklusif mini series untuk Comixology tadi. Dan akan ada beberapa proyek komik lainnya untuk penerbit luar.

Q: Bagaimana pandangan Alti dengan dunia desain dan gambar di Indonesia, terutama peran pemerintah dalam hal ini lewat Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)?

A: Bahwa dukungan dari pemerintah tidak melulu harus berupa materi; karena dari yang sudah-sudah, materi tanpa campur tangan pemeran yang mengerti dan concern akan perkembangan desain dan gambar di Indonesia tidak akan maksimal. Terutama bila materi itu jatuh ke tangan perorangan/perusahaan yang mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan. Sebagai contoh; proyek yang datang dari pemerintah biasanya hanya mengutamakan hasil yang cepat, tanpa melihat kualitasnya. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap ‘siapa’ yang mengerjakan proyek itu dan akan menjadi concern teman-teman di dunia kreatif lainnya.

Beberapa hasil karya Alti untuk Marvel dengan judul Star Lord and Kitty Pryde

Q: Harapannya dengan dunia desain dan gambar di Indonesia?

A: Ingin ada penerus komik Indonesia yang bisa terus mengharumkan nama bangsa kita di luar sana.

Q: Ok, berikut pertanyaan terakhir kami, punya hobi lain selain menggambar? Selain itu status Alti sekarang?

A: Kuliner dan maen game. Dulu sempat capoeira tapi udah engga semenjak cedera lower back dan lutut, jadi nge-gym biasa saja sekarang. Aku udah menikah, hahaha….

Profil:
Nama: Miralti Firmansyah
TTL: Bandung, 11 Januari 1983
Alamat: Jakarta
Email: altifirmansyah@yahoo.com
IG: @altifirmansyah
Twitter: @altifirmansyah
Web: altifirmansyah.deviantart.com