BEACON Jembatan Bisnis Animasi Indonesia

0
179

Siaran Pers – Bandung, 26 Agustus 2017. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Bekraf Animation Conference (BEACON) pada tanggal 26 Agustus 2017 di Ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya membangun ekosistem animasi Indonesia guna meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa di subsektor animasi. Kegiatan ini menjembatani jejaring bisnis antara rumah produksi animasi dengan televisi/agensi/investor dalam dan luar negeri.

Animasi masuk sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif yakni film, animasi dan video dan menyumbang nilai tambah sebesar Rp 1,354 trilyun, berkontribusi terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Ekonomi Kreatif sebesar 0,16% atau sebesar 0,01% terhadap PDB Nasional, dengan pertumbuhannya mencapai 6,68% (BPS-Bekraf, 2016). Jika dilihat pertumbuhan PDBnya, animasi memiliki potensi guna mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

“BEACON merupakan salah satu event yang dilaksanakan oleh Deputi Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif ditujukan sebagai forum temu pelaku ekonomi kreatif subsektor animasi dalam rangka menjembatani jejaring bisnis antara rumah produksi animasi dengan televisi/agensi/investor dalam dan luar negeri, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan pelaku sektor animasi,” ungkap Abdur Rohim Boy Berawi selaku Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif.

Sebagai forum atau temu pelaku ekonomi kreatif subsektor animasi, baik dari distributor/televisi, agensi, investor,pemerintah, dan media, BEACON ditujukan pula untuk menjembatani jejaring kerjasama, penguatan, produktivitas, dan kompetensi subsektor animasi di tanah air. “BEACON juga diagendakan untuk memperkenalkan program-program Bekraf yang terkait pengembangan subsektor animasi pada pelaku, asosiasi, dan masyarakat ekonomi kreatif di wilayah Jawa Barat.” Tutur Wawan Rusiawan selaku Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif.

BEACON menyajikan beragam acara yang meliputi kegiatan diskusi panel, master class, talkshow, link and match, pameran, dan kids corner. Kegiatan diskusi panel bertema “Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebagai Perlindungan Karya” menghadirkan Rizky A. Adiwilaga selaku konsultan HKI dan manajemen HKI yang telah terdaftar, Dana Riza selaku pembuat animasi “Adit Sapo Jarwo” serta perwakilan Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi. Kegiatan master class bertema “Business Strategy in Developing IP” menghadirkan David Kwok salah satu diaspora Indonesia yang bergerak dalam bidang animasi.

Rangkaian talkshow yang digelar BEACON terdiri dari talkshow Sukses Story “Juki” oleh Faza Meonk, talkshow penggunaan multiplatform dalam pengembangan IP oleh Jun Long, talkshow kiat MNC Animation meningkatkan kualitas animasi lokal ke standar internasional oleh Sei Young Cheong selaku Head of Production MNC Animation, talkshow membangun karir di dunia animasi oleh Dedy Syam selaku Head of Animation Program di Universitas Bina Nusantara.
Link and Match yang digelar BEACON diharapkan dapat membantu para content creator untuk mendapatkan gambaran kebutuhan pasar dan membangun relasi dengan publisher, BUMN atau pemerintah daerah. Link and match tersebut menghadirkan Seung Hyun Oh selaku Chief Creative Officer MNC Animation.

BEACON menghadirkan pameran dengan tema “memperkenalkan dan mempromosikan hasil karya studio animasi Indonesia”, studio yang ikut berpartisipasi di acara tersebut di antaranya Bonbin, Kumata, Kojo Anima, Kampoong Monster, Gang7, Ssr, Belantara Bu, Jotter, Ayena, Naon Animation, Alu, Gru, Laskarcima, Binus, Komikin Aja, Frankomik, MNC Animation, Pionicon, Marawa, dan Amphibi. Selain itu, melalui ajang BEACON tak luput pula digelar rangkaian acara Kids Corner seperti menggambar, lomba mewarnai, VR photobooth, dan Paper Toys.

BEACON yang digelar untuk pertama kali ini akan dijadikan acara yang berkelanjutan dengan menitikberatkan sebagai forum temu para pelaku ekosistem animasi Indonesia serta melibatkan pihak terkait dari berbagai elemen, mulai sektor pendidikan, pemerintahan, komunitas/asosiasi, bahkan khalayak umum. Untuk ke depan, harapannya dengan hadirnya BEACON, industri animasi nasional lebih berperan dalam meningkatkan perekonomian dan budaya bangsa Indonesia. Dengan semangat kolaborasi, diharapkan pula dapat menyatukan para pelaku ekonomi kreatif terutama animasi untuk mengambil tanggung jawab bersama memajukan industri kreatif.