BEKRAF Selenggarakan Kompetisi Penambahan Modal untuk Ekonomi Kreatif

0
650
Bantuan Insentif Pemerintah Melalui Kompetisi Seleksi Penambahan Modal Kerja

Pembangunan dan pengembangan enam belas subsektor ekonomi kreatif terus didorong, utamanya dalam rangka mengejar peningkatan kreatifitas yang bermuara pada inovasi-inovasi yang produktif, peningkatan nilai tambah dan kesejahteraan pelaku ekonomi kreatif. Seiring dengan pembangunan sektor ekonomi kreatif secara umum, penanganan akses permodalan dan keterampilan manajerial memegang peranan penting dan merupakan bagian integral sebagai pendukung pembangunan perekonomian secara keseluruhan.

Sebagai bentuk nyata dalam penanganan akses permodalan, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) melalui Deputi Akses Permodalan akan memberikan Bantuan Intensif Pemerintah (BIP) dalam bentuk penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap. Pemberian BIP ini akan dilaksanakan melalui Kompetisi Seleksi Penambahan Modal Kerja untuk Meningkatkan Kapasitas Usaha/Produksi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif.

Untuk mendorong peningkatan kualitas usaha ekonomi kreatif, khususnya startup / pelaku usaha di bidang kuliner dan Aplikasi digital & game developer, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan kompetisi Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2017. Kompetisi ini bertujuan melakukan seleksi dan memberi bantuan penambahan modal kerja kepada top startup yang siap untuk cepat tumbuh besar.

Dr. Ir. Sugeng Santoso, M., Direktur Akses Non Perbankan BEKRAF

Menurut Direktur Akses Non Perbankan BEKRAF, Dr. Ir. Sugeng Santoso, M.T. latar belakang diadakannya BIP ini yaitu selain karena ini memang program dari Rencana dan Strategi (Renstra) BEKRAF, selain itu adalah karena ketiadaannya portofolio ekonomi kreatif terkait baik itu si Capital maupun penambahan modal.

“Harapan BEKRAF dari kompetisi ini adalah para pelaku ekonomi kreatif yang mendapatkan BIP akan memperoleh peningkatan nilai tambah berupa peningkatan produktifitas. Dengan adanya peningkatan produktifitas tersebut diharapkan ada investor yang tertarik untuk menginvestasikan dananya pada penerima BIP sehingga nilai tambahnya pun semakin meningkat lagi. Bantuan insentif pemerintah ini sifatnya hibah. Untuk saat ini para pelaku ekraf yang menjadi sasaran BIP adalah dari subsektor Aplikasi Digital dan Game Developer serta subsektor kuliner” ungkap Pak Sugeng lagi.

PENJELASAN KOMPETISI

Kompetisi Seleksi Penambahan Modal Kerja untuk Meningkatkan Kapasitas Usaha /Produksi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif

Yuuk Buruan Daftar! Pendaftaran ini gratis tanpa dipungut biaya loh!!

Pendaftaran dilaksanakan secara online mulai tanggal 13 Juli 2017 hingga 24 Juli 2017. Gunakan link pendaftaran berikut untuk kemudahan & memastikan kelengkapan pendaftaran anda di : https://bit.ly/bekraf2017 atau https://bekraf.modalusaha.id

Dengan mendaftar melalui link di atas, otomatis anda telah memenuhi salah satu persyaratan, yaitu telah terdaftar di SATU PINTU BEKRAF dan di database BISMA
Salahsatu persyaratan dan ketentuan adalah tidak sedang menerima bantuan sejenis dari pemerintah ya.

Prosedur Pengiriman Karya:

  • Membuat akun di website Bisma
  • Mengunduh Petunjuk Teknis di www.bekraf.go.id
  • Mengirim proposal sesuai dengan Petunjuk Teknis paling lambat 24 Juli 2017 via email satupintu@bekraf.go.id

Info lebih lanjut:
http://www.bekraf.go.id/berita/page/12/pendaftaran-bantuan-insentif-pemerintah-bip