Kelas Rakjat, Karena Pendidikan adalah Hak Setiap Warga Negara

0
433
Para siswa dan pembicara workshop Kelas Rakjat
Suasana belajar Kelas Rakjat

Setiap hari Sabtu ada yang berbeda di Jl. Binamarga No. 18 Bogor, banyak kendaraan terpakir dan anak-anak muda bekumpul di sana. Ternyata mereka adalah para siswa Kelas Rakjat, kelas fotografi gratis di Bogor.

Pada saat ini fotografi bukanlah menjadi hal yang istimewa lagi. Dengan adanya fitur kamera di handphone semua orang sudah bisa mengabadikan momen penting atau hanya sekedar berfoto selfie. Walau demikian, untuk menjadi seorang fotografer profesional tetap dibutuhkan latihan dan niat belajar yang kuat, karena diperlukan keahlian dan teknik-teknik tertentu untuk menghasilkan foto seperti di iklan majalah ataupun memenangkan lomba di berbagai event foto.

Octo Ahadi, founder dan pengajar Kelas Rakjat

Menurut Octo Ahadi, founder sekaligus pengajar Kelas Rakjat, “Saya percaya semua yang dibagi pasti akan bertambah walau mungkin hanya sedikit. Sebenarnya bukan para siswa saja yang berlajar, justru saya juga belajar dari mereka dengan mendapatkan hal dan pengalaman baru. Selain itu sudah seharusnya pendidikan itu gratis, karena pendidikan merupakan hak setiap warga negara”. Walau gratis tetapi Kelas Rakjat bersifat swadaya, dimana ada iuran siswa minimal Rp 5000 per pertemuan untuk kas yang dipegang dan dikelola oleh siswa sendiri yang digunakan untuk kebutuhan kelas apabila akan praktek foto dan berpameran di masa akhir belajar, kata Octo lagi.

Saat ini Kelas Rakjat mendapat bantuan berupa studio foto untuk belajar, yaitu di Beranda Photo Studio. Dan Octo berharap untuk ke depannya ada tambahan pengajar yang lebih kompeten untuk membagi ilmunya di kelas secara gratis.

Suasana pameran akhir Kelas Rakjat

Kelas Rakjat sudah memasuki tahun ketiga, dimana masa belajar pada angkatan 1 dan 2 adalah 6 bulan. Sedangkan pada angkatan 3 sekarang, masa belajar dipersingkat menjadi 3 bulan dengan materi yang tidak berubah hanya lebih diefektifkan di setiap pertemuannya. Materi yang diajarkan di Kelas Rakjat antara lain basic photography, basic lighting, creative lighting, still life photography, fashion photography, propaganda, dan lain-lain. Dan di akhir masa belajar para siswa akan melaksanakan pameran sebagai evaluasi belajar mereka. Selama 3 angkatan ini para siswa berasal dari berbagai macam latar belakang, ada mahasiswa, guru, wirausaha, karyawan swasta, bahkan ibu rumah tangga. Semua bisa menjadi siswa Kelas Rakjat asal ada kemauan belajar.

Para siswa dan pembicara workshop Kelas Rakjat

Kelas Rakjat
Alamat: Jalan Binamarga No 18 Bogor (Beranda Photo Studio)
IG: @kelasrakjat
Fanpage FB: Kelas Rakjat