Press Release: Talkshow Finance & Business Coach “Creating Your Own Business: A Must Guide of What and How”

0
760
20130916_Workshop_GPC_3

20130916_Workshop_GPC_3

Jakarta, 9 September 2013 –  Kompetisi Greenpreneurship Challenge (GPC) program Youth Desk Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO kembali dilaksanakan untuk kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2012. Sebagai bagian dari rangkaian acara kompetisi GPC, pada hari Sabtu (7/9) bertempat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, lantai 17, diadakan talkshow finance & business coach “Creating Your Own Business: A Must Guide of What and How” yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan membangun semangat wira usaha dikalangan masyarakat khusunya generasi muda.

Koordinator Youth Desk Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Leo Mokodompit menjelaskan bahwa pentingnya membangun generasi wirausahawan Indonesia untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan berkelanjutan. GPC merupakan komitmen Youth Desk Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dalam upayanya melakukan pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan ekonomi dan lingkungan.

Acara ini menghadirkan pembicara baik dari kalangan praktisi, akademisi, maupun pelaku usaha yakni Muhammad Abdus Shomad dari Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia (HPMI); Muhammad Setiawan Kusmulyono, pengajar dari Prasetya Mulya; dan Aidil Akbar, financial planner.

Muhammad Abdus Shomad dari HPMI memaparkan mengenai pentingnya bergabung dalam suatu komunitas untuk membangun relasi bisnis. Sementara M. Setiawan Kusmulyono menjelaskan mengenai kekuatan dari ‘branding/merk’ sebagai strategi pemasaran, dalam sesi ini, ia memberikan saran bagi bisnis yang baru berdiri untuk mengetahui segmentasi pasar serta value preposition bisnis yang dijalankan. Agar suatu brand (merk) dapat diingat dengan baik oleh masyarakat salah satu caranya adalah membuat logo dengan bentuk yang sederhana agar mudah diingat. Sementara itu perencana keuangan, Aidil Akbar memaparkan mengenai kiat-kiat membangun bisnis yang berkelanjutan serta berbagi pengalaman dalam membangun bisnis. “Tidak semua bisnis yang dimulai berjalan lancar dan oleh karena itu kita harus pintar dalam menyiapkan back up plan dan tidak terlalu ambisius dengan mengeluarkan seluruh modal yang kita miliki dalam satu bisnis,” ungkap Aidil.  Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat khususnya pemuda dalam berwirausaha.

20130916_Workshop_GPC_2

Tentang GreenPreneurship Challenge

Greenpreneurship Challenge Competition merupakan kompetisi bisnis yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 oleh Youth Desk – Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Kompetisi ini mengajak setiap pemuda di Indonesia yang bergerak dalam kewirausahaan untuk menjadi agen-agen pendukung pembangunan berkelanjutan dengan menjalankan bisnis mereka secara ramah lingkungan. Greenpreneurship Challenge Competition kali ini masih mengusung tema “Switch Your Business into Green”. Sesuai dengan tema yang diusung, mereka yang memiliki bisnis ramah lingkungan maupun yang baru saja hendak mengubah bisnis menjadi lebih ramah lingkungan diberikan kesempatan untuk bergabung dalam kompetisi ini.

Secara khusus, kompetisi ini hadir untuk kedua tujuan berikut, yaitu:

  • Memperkenalkan konsep bisnis ramah lingkungan, dan
  • Memberikan pemahaman mengenai pembangunan berkelanjutan

20130916_Workshop_GPC_2

Tentang Youth Desk Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (Youth Desk KNIU)

Pemuda selalu menjadi fokus penting program-program yang dilaksanakan oleh UNESCO, bahkan UNESCO menjadi badan PBB pertama yang menetapkan dan merencakan program yang spesifik untuk pemuda. UNESCO mengakui kenyataan bahwa pemuda adalah aset dan menjadi bagian penting dalam proses pembangunan, oleh karena itu pemuda tidak cukup hanya didengarkan tetapi harus menjadi bagian integral dari proses pembangunan. Mereka harus turut berpartisipasi aktif dalam proses berfikir kritis serta penelitian empiris untuk mencapai solusi atas berbagai tantangan baru yang dihadapi.

Menyadari arti penting partisipasi pemuda pada pembangunan nasional, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO sejak tahun 2006 telah mengikutsertakan pemuda pada berbagai kegiatannya, yang kemudian di tahun 2008 menjadi Youth Empowerment Team. Di tahun 2010 Youth Desk secara resmi didirikan dibawah koordinasi Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Berdirinya Youth Desk  merupakan wadah dalam pemberdayaan para pemuda Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan masyarakat Indonesia dan peningkatan kapasitas pemuda Indonesia.

Untuk info lebih lanjut, harap hubungi:

Mia Amelinda
Program Assistant GPC 
Ph: 081213162146
miaamelinda@yahoo.com                                            

Albert
Wakil Ketua GPC
Ph:081932060682
albertwiryas@gmail.com

Youth Desk                                                                  
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO                   
www.unescoyouthdesk.org                                           
Twitter: @UNESCOYouthDesk                                      
Facebook: unescoyouthdesk

Greenpreneurship Challenge
greenpchallenge.com 
Twitter: @GreenPChallenge
Facebook: Greenpreneurship Challenge

Sekretariat Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung C Lantai 17
Jln. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta
Phone: (021) – 5711144 ext. 3635 Fax: (021) – 5733127