Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Ekonomi Kreatif Indonesia

    1
    926939

    Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025

    example cover rpjp

    Download Buku RPJP Ekonomi Kreatif

    Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif 2015–2025 terdiri atas lima bagian:

    1. BAB 1 Pendahuluan, memuat dua konten utama, yaitu evolusi dari konsep pengembangan ekonomi kreatif serta penjelasan mengenai mengapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan di Indonesia.
    2. BAB 2 Perkembangan Ekonomi Kreatif Indonesia, memaparkan kondisi ekonomi kreatif Indonesia saat ini baik dari aspek pencapaian maupun dibandingkan dengan negara lain, meliputi: potensi ekonomi kreatif Indonesia, daya saing industri kreatif di Indonesia, struktur pasar industri kreatif di Indonesia, dan tonggak perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.
    3. BAB 3 Arahan Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional. Dalam menyusun rencana pengembangan ekonomi kreatif hingga 2025 mendatang tentunya tidak lepas dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang telah ditetapkan melalui UU No.17 tahun 2007.
    4. BAB 4 Kerangka Strategis Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional 2015–2025 merupakan bagian yang menjelaskan rencana pengembangan ekonomi kreatif nasional meliputi: ruang lingkup pengembangan ekonomi kreatif nasional; isu strategis pengembangan ekonomi kreatif; visi, misi, tujuan, dan sasaran pengembangan ekonomi kreatif; indikator dan target pengembangan ekonomi kreatif; model pengembangan ekonomi kreatif; tahapan pengembangan ekonomi kreatif Indonesia; arah dan strategi pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.
    5. BAB 5 Kesimpulan dan Saran. Bagian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pokok pikiran dalam dokumen rencana induk pengembangan ekonomi kreatif hingga 2025 dan memberikan saran langkah-langkah yang harus dilakukan ke depan kepada semua pemangku kepentingan sehingga rencana pengembangan ekonomi kreatif ini dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien.

    Target pembaca dari dokumen Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif 2015–2025 yang berjudul Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025 adalah quad-helix (pemerintah-bisnis-intelektual-komunitas), media, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum.

    • Bagi pemerintah, dokumen ini diharapkan dapat memberikan acuan dan panduan dalam mengembangkan program dan kegiatan terkait ekonomi kreatif di Indonesia.
    • Bagi bisnis, dokumen ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai potensi dan peluang pengembangan industri kreatif di Indonesia sehingga semakin banyak bisnis yang berinvestasi dalam pengembangan industri kreatif.
    • Bagi intelektual, dokumen ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan referensi dalam melakukan penelitian dan pengembangan terkait ekonomi kreatif.
    • Bagi komunitas, dokumen ini diharapkan memberikan inspirasi untuk terus menghasilkan karya kreatif berkualitas.
    • Bagi media, dokumen ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan literasi media mengenai ekonomi kreatif sehingga media dapat semakin terlibat dalam komunikasi ekonomi kreatif kepada masyarakat.
    • Bagi pelajar dan mahasiswa, dokumen ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk bekerja dan berkarya di bidang ekonomi kreatif.
    • Bagi masyarakat umum, dokumen ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan literasi mengenai ekonomi kreatif.

    Lisensi Creative Commons
    Rencana Pembangunan Jangka Panjang Ekonomi Kreatif Indonesia disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY